Tips Membuat Taman di Atap


Membuat taman di atap rumah dijual di surabaya merupakan sebuah solusi bagi anda yang tidak memiliki lahan yang cukup luas di area pekarangan rumah. Hal ini akan membantu anda untuk menyalurkan hobi dan minat terhadap tanaman meskipun anda hanya memiliki lahan tanam yang terbatas, karena dengan sebuah perencanaan yang matang maka taman di atap juga bisa dimanfaatkan secara maksimal.
Ada beberapaa langkah yang harus diperhatikan dalam pembuatan taman di atap, berikut ini 5 tips yang bisa anda gunakan:
• Desain taman dengan cermat
Hal pertama yang harus anda lakukan setelah memutuskan untuk membuat sebuah taman di atap rumah dijual di surabaya adalah membuat sebuah desain yang tepat dan efisien. Desain ini akan membantu anda memaksimalkan penggunaan seluruh area yang ada, sehingga tidak ada area yang percuma dan tidak dimanfaatkan dengan baik.
Untuk membuat sebuah desain taman, anda dapat mencari referensi melalui majalah ataupun internet yang banyak menyediakan informasi mengenai hal tersebut. Bila ternyata anda memiliki buget khusus untuk hal tersebut, maka tidak ada salahnya untuk menggunakan jasa desain eksterior profesional.
• Perhatikan kekokohan konstruksi atap
Saat akan membuat sebuah taman di atap, maka secara khusus anda harus memperhatikan kondisi atap rumah anda. Pastikan konstruksi atap cukup kokoh dan kuat dalam menanggung beban berat yang akan bertambah dengan pembangunan taman tersebut. Hal ini sangat penting untuk dicermati, mengingat pembangunan taman akan menambah jumlah beban yang sangat besar bagi atap rumah anda.
Jangan sepelekan poin ini karena sangat berhubungan erat dengan tingkat keselamatan anda dan keluarga. Bila ternyata anda tidak begitu yakin dengan kekokohan atap, maka ada baiknya anda konsultasikan hal ini dengan ahlinya.
• Buat instalasi air
Instalasi air merupakan salah satu hal yang penting untuk anda perhatikan sejak awal. Buat sebuah instalasi air bersih yang berhubungan langsung dengan pompa air atau bak penampungan air, ini akan digunakan untuk menyiram tanaman. Selain itu anda juga harus membuat sebuah instalasi air kotor / saluran pembuangan air yang terhubung dengan tepi dek terendah dan pipa talang air yang menuju tanah resapan atau saluran pembuangan air di bawah.
• Gunakan media tanam yang tepat
Ada 2 pilihan yang dapat anda gunakan dalam hal ini:
– Menggunnakan bak tanam.
Anda dapat membuatnya dari beton ataupun kayu keras yang tahan terhadap cuaca. Media ini bisa anda buat dengan ukuran dan bentuk tertentu yang anda sesuaikan dengan luas area taman.
– Menggunakan pot.
Ini pilihan kedua yang dapat anda jadikan pertimbangn. Pot akan memudahkan anda mengatur / mengganti posisi tanaman, karena ukuran pot yang lebih kecil dan mudah dipindahkan bisa anda atur sesuai dengan keinginan.

• Pilih jenis tanaman yang sesuai
Untuk taman di atap, anda perlu memilih dan menyesuaikan jenis tanaman yang akan ditanam karena kedalaman tanah dan ukuran media tanam akan sangat berpengaruh pada hal ini. Pilih jenis tanaman yang dapat bertahan di bawah terik matahari dan hindari menanam tanaman yang memiliki akar tunggang dan menghujam ke bawah.
Binarsaga
<<<<>>>>

About k.art

Leave a comment